Buku Pedoman Gerakan Sayang Ibu

Judul : Pedoman Gerakan Sayang Ibu
Penulis : Tim KPP
Penerbit : Kementrian Pemberdayaan Perempuan
Jumlah Halaman : 88 halaman
Sinopsis :

Angka Kematian Ibu karena hamil, melahirkan dan nifas (AKI) di Indonesia masih tinggi, yaitu 307/100.000 kelahiran hidup (SDKI 2002).

Untuk menurunkan AKI tidaklah mudah karena penurunan AKI tidak dapat dilakukan oleh satu instansi saja seperti Departemen Kesehatan, tetapi harus dilakukan secara bersama lintas Sektor dan melibatkan masyarakat secara langsung sebagai pelaku dan sekaligus sebagai sasaran.

Gerakan Sayang Ibu (GSI) merupakan salah satu upaya yang telah dilaksanakan dan menjadi gerakan nasional sejak tahun 1996 , namun dalam perkembangannya gerakan ini perlu ditingkatkan kembali baik kepedulian maupun tanggung jawab masyarakat, LSM, swasta dan pemerintah.

Oleh sebab itu buku Pedoman Gerakan Sayang Ibu ini perlu diluncurkan kembali dalam upaya peningkatan kualitas hidup perempuan melalui percepatan penurunan AKI.

Buku pedoman ini bukan untuk yang pertama kalinya, namun diharapkan dengan adanya buku ini, pelaksanaan kegiatan Gerakan Sayang Ibu dapat ditingkatkan kembali dan diharapkan masing-masing institusi dapat mengambil peran aktif sesuai tugas dan fungsinya demi menyukseskan penurunan AKI.